Tips cara orang kaya kelola uang

cara mengelola ekonomi mandiri

10 TIPS CARA ORANG KAYA KELOLA UANG


1. Berhati-hatilah dg diskon harga murah


Kadang kita lupa, bahwa membeli sesuatu yg kecil, murah tapi item nya banyak ketika dihitung maka jumlahnya menjadi besar.


"Ingatlah ketika Anda bisa berhemat sedikit dari pengeluaran Anda. Itu semua akan sangat berarti bagi finansial Anda." – Suze Orman.


2. Fokus pada masa depan


Alihkan fokus keuangan Anda untuk masa depan dan bukan menikmati kepuasan dan kesenangan di masa sekarang.


“Anda bisa menjadi muda tanpa uang, tetapi Anda tidak bisa menjadi tua tanpa uang.” – Tennessee Williams


3. Jangan membeli hal-hal yg tidak perlu agar orang lain terkesan.


Setiap kita pasti ingin mendapatkan respon yg baik dari teman2 kita tentang berbagai hal yg kita lakukan, tapi ketika Anda memutuskan untuk membeli sesuatu agar mendapatkan kesan dari teman Anda maka itu bukanlah hal yang baik. Sesuaikan keinginan membeli Anda dg kebutuhan Anda.


“Berhentilah membeli hal-hal yg tidak perlu, untuk mengesankan orang2 yg bahkan Anda sendiripun tidak suka.” – Suze Orman


4. Merencanakan sedetail mungkin anggaran keuangan


Ketika banyak pengeluaran dan Anda tidak merencanakan keuangan Anda dg baik maka Anda akan berakhir miskin tanpa tabungan apapun. Karena orang kaya punya perencanaan yg baik terkait keuangannya, mereka tahu dg detail dari mana uangnya dan untuk apa uangnya dibelanjakan.


“Perencanaan memberitahu Anda kemana uang Anda harus pergi, bukannya bertanya-tanya kemana uang Anda akan pergi.” – John C. Maxwell


5. Bekerja keras


Berbeda dg persepsi umum bahwa orang-orang kaya hanya bersenang-senang dan menikmati hidup mereka. Ternyata pada kenyataannya, mereka bekerja lebih keras daripada orang biasa. Mereka tidak menyia-nyiakan usia produktifnya untuk meningkatkan penghasilannya.


“Saya suka bisnis dan uang yg saya simpan jauh lebih daripada yg saya habiskan. Saya berinvestasi karena saya memiliki rencana untuk masa depan saya. Lalu saya bekerja lebih keras daripada orang kebanyakan.” – Sofia Vergara


6. Simpan sebagian besar penghasilan Anda


Kadang kita berpikir bahwa orang kaya selalu menghambur-hamburkan uang mereka untuk kesenangan mereka. Tidak, sebenarnya mereka bukan tipe yang seperti itu.


Mereka selalu menyimpan sebagian besar dari pendapatan mereka dan ini mengajarkan Anda supaya rajin menabung agar Anda tidak kehabisan uang saat Anda membutuhkannya.


“Anda simpan sepertiga gaji Anda, lalu Anda bisa membiayai hidup Anda dan beramal dengan sepertiga yang lain. ” – Angelina Jolie


7. Membeli barang dg menawar atau membeli ketika diskon


Sama seperti kita, saat membeli barang mereka para orang kaya selalu mencoba untuk mendapatkan harga yg lebih murah dg cara menawar atau membelinya pada saat sedang diskon atau promo.


“Mengapa Anda harus membayar lebih untuk sesuatu yg orang lain membayar lebih sedikit?” – Sarah Michelle Gellar


8. Investasikan tabungan Anda dg bijaksana


Anda jangan pernah meremehkan investasi/tabungan Anda yg berjumlah kecil karena jumlah yg kecil tadi saat Anda rutin investasi suatu saat nilainya akan menjadi besar dan jika Anda menginvestasikan uang dg benar, Anda akan kagum pada hasil yg akan Anda peroleh.


9. Praktekkan Formulanya para Millionaire


Yg biasa kita lakukan adalah menabung setelah ada sisa dari pengeluaran. Tapi orang kaya justru sebaliknya dan kita menyebutnya sebagai “Formula Millionaire.”


Mereka, para orang kaya mendahulukan menabung dan investasi setelah mereka menerima uang.


Setelah menabung, baru setelah itu mereka menggunakan uangnya yang tersisa untuk pengeluaran yang mereka butuhkan.


“Jangan menyimpan apa yg tersisa setelah belanja, tetapi belanja dari apa yg tersisa setelah disimpan.” – Warren Buffet


10. Tutup kebocoran


Orang kaya tidak pernah membayar biaya yg tidak perlu. Mereka sangat berhati-hati dg pengeluarannya.


“Waspadalah terhadap pengeluaran kecil. Kebocoran kecil akan menenggelamkan sebuah kapal besar.” – Benjamin Franklin


0 Comments

Mohon berkomentar tidak menyebarkan spam dan berikan informasi untuk edukasi.